Padang, Pikiranrakyatnews.com---
Pendidikan terhadap anak-anak sangat diperhatikan dalam Islam, karena Islam memandang setiap anak dilahirkan dengan membawa fitrah (potensi) yang di kembangkan melalui pendidikan.
Pendidikan Agama mempunyai fungsi dan peran yang lebih besar daripada pendidikan umumnya. Oleh karena itu, peran TPA/TPQ sangatlah penting dalam mengajarkan kepada anak-anak tentang Dinul Islam secara dini.
Hal itu ditegaskan Plt Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang H Kardinal N saat penyerahan dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) tahun 2017 kepada delapan LPQ dan MDTA Kota Padang di halaman Kantor Kemenag Kota Padang baru-baru ini.
Disebutkannya, dengan hadirnya TPA/TPQ menjadi sebuah lembaga pendidikan karakter yang berbasis pada keagamaan, dapat menjadi sebuah wadah dan wajah baru di Indonesia dalam mengkaji beberapa isu-isu strategis pendidikan.
Isu itu memiliki keterkaitan dengan kebutuhan untuk membentuk karakter anak didik dan generasi bangsa sesuai dengan upaya untuk menjawab kontradiksi-kontradiksi dan masalah-masalah kemanusiaan yang mendominasi suatu masyarakat, seperti kemiskinan, kebodohan, dan lainnya.
Penyerahan BOP tersebut diawali oleh Plt Kantor Kemenag Kota Padang H Kardinal, Kapala Subag TU H Edi Oktaviandi selanjutnya masing-masing kepala seksi yang disaksikan oleh ASN Kantor Kemenag Kota Padang.
"Dana BOP 15 juta /TPQ dan MDTA adalah kepadulian Kemenag terhadap lembaga pendidikan agama non formal agar proses belajar mengajar berjalan dengan baik,"ujarnya.
Kardinal juga berharap, dana BOP digunakan sesuai dgn petunjuk serta memberikan laporan penggunaan dana tersebut.
Kapala Subag TU Kemeng Kota Padang, H Edi Oktaviandi menambahkan, TPQ dan MDTA penerima dana BOP 2017 seperti TPQ Nurussakinah Kecamatan Padang Utara, Arafah dari Kecamatan Nanggalo, Nurzikrillah Kecamatan Lubuk Begalung, Nurul Ikhwan Kecamatan Kuranji, Arrahman Kecamatan Pdg Timur, Jamiatul Muslimin Kecamatan Kuranji. Sedangkan MDTA yang menerima, Darul Muttaqin Kecamatan Nanggalo, Wustha Kecamatan Lubuk Begalung.006
No comments:
Post a Comment