Warga Dapat Pelayanan Mudah dengan Aplikasi PATUH - Pikiran Rakyat News

Breaking

Monday, January 8, 2018

Warga Dapat Pelayanan Mudah dengan Aplikasi PATUH



Padang, Pikiranrakyatnews.com
Warga yang berurusan di Kantor Lurah Gunung Pangilun Kecamatan Padang Utara bakal mendapatkan pelayanan mudah dan memuaskan. Bukan saja karena ruang pelayanan yang representatif tetapi warga dimudahkan dan cepat dengan pelayanan berbasis aplikasi.

Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Kota Padang, Arfian, menilai sistem pelayanan disebut "PATUH" yang diterapkan Kelurahan Gunung Pangilun merupakan inovasi cerdas. Selain ruangannya nyaman, alur pelayanan juga dibuat lebih simpel menggunakan aplikasi berbasis android.

"Dengan inovasi pelayanan yang akan diterapkan Kelurahan Gunung Pangilun diyakini memberikan kemudahan kepada setiap warga yang berurusan," kata Arfian saat menyempatkan meninjau ruang "PATUH" Kelurahan Gunung Pangilun yang tengah dipersiapkan baru-baru ini.

Menurut Arfian, untuk pelayanan publik yang lebih baik, lurah dan camat memang perlu berinovasi. Masyarakat saat ini cenderung menginginkan yang praktis, simpel dan cepat.

Dia mengapresiasi inovasi pelayanan PATUH yang digagas Lurah Gunung Pangilun Andi Amir. Ia melihat banyak inovasi yang muncul di kelurahan yang dipimpin lurah multitalenta tersebut.

Menurut Arfian, munculnya inovasi itu karena ada inspirasi karena sering membuka komunikasi dan berkoordinasi dengan berbagai pihak. Bukan saja dengan atasan di struktural pemerintahan tetapi juga karena sering turun ke masyarakat. Dari situ akan dapat diidentifikasi apa yang dibutuhkan warga dan persoalan yang dihadapinya.


Terkait pelayanan PATUH yang dihadirkan di Gunung Pangilun, Lurah Andi Amir mengungkapkan, sebagai ujung tombak pelayanan masyarakat, mutu pelayanan harus lebih ditingkatkan. Hal ini guna menjamin masyarakat mendapatkan pelayanan dengan baik.

"Didukung ruangan yang nyaman, tersediannya alur pelayanan, SOP pelayanan, kotak pengaduan dan komitmen pelayanan kita berupaya memberikan pelayanan terbaik," ungkap Lurah yang dikenal dengan tokoh-tokoh masyarakat ini.

Adapun pelayanan yang berbasis aplikasi, dijelaskannya, diluncurkannya aplikasi PATUH pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) bisa berlangsung 24 jam sekalipun dari rumah. Warga cukup mengunduh aplikasi PATUH Kelurahan Gunung Pangilun, memasukan Nomor Induk Kependudukan (NIK), kemudian memilih jenis pelayanan adminduk. Identitas akan terisi secara otomatis karena sistim ini terintegrasi dengan data profil kependudukan.

Petugas pelayanan di loket PATUH akan mencetak jenis pelayanan dan warga tinggal menyerahkan berkas persyararatan.PR-02

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS